Powered By Blogger

Entri Populer

Selasa, 05 Oktober 2010

Promosikan Produk Kreatif dan Wisata Daerah

BATAM CENTRE (BCZ) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), keduakalinya akan menyelenggarakan even promosi, perluasan jaringan pemasaran, dan informasi peluang investasi di sektor pariwisata, perdagangan, dan peluang investasi mulai 7 hingga 10 Oktober di Exhibition Hall Mega Mall, Batam Centre.
Pameran dengan tema Batam Tourism, Trade and Investment Expo 2010 (Batam TTI Expo 2010) ini, merupakan kerja sama Kadin Kepri yang didukung Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan RI, Kementerian Perdagangan RI, Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Pemerintah Kota Batam, dan Badan Pengusahan (BP) Free Trade Zone (FTZ) Batam.
Ketua Penyelenggara sekaligus Wakil Ketua Umum bidang Pariwisata dan Promosi Kadin Provinsi Kepri Jadi Rajagukguk, menjelaskan, ada empat maksud, tujuan, dan sasaran kegiatan ini. Pertama, mempromosikan tempat-tempat obyek wisata di berbagai daerah di Indonesia kepada wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan asing guna meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.
Kedua, mempromosikan produk-produk kreatif unggulan daerah kepada buyer dan investor baik dalam dan luar negeri guna meningkatkan volume dan nilai perdagangan baik antar daerah dan ekspor. Ketiga, mempromosikan dan menginformasikan seluas-luasnya peluang investasi di daerah kepada investor baik dalam dan luar negeri.
Sehingga, dapat mendorong minat investor merealisasikan investasi di berbagai daerah. Keempat, mempertemukan kalangan dunia usaha pariwisata dan perdagangan di daerah dengan mitranya dari dalam maupun luar negeri guna memberikan peluang hubungan dan kerja sama bisnis yang saling menguntungkan dan memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi daerah.
”Peserta Batam TTI Expo 2010 ini, diikuti lembaga kementerian, pemerintah daerah se-Indonesia, serta pelaku usaha terkait perdagangan dan pariwisata,” ujar Jadi.
Peserta tersebut, urainya, Kementerian Perdagangan RI, Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi DI Yogyakarta, Provinsi Papua Barat, Provinsi Kulon Progo, Kabupaten Garut, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jepara, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Tapin, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tangerang, Kota Jambi, Kota Mojokerto, Kota Tangerang, Kota Palangkaraya, Kota Padang Panjang, Kota Menado, Badan Pengusahaan Kawasan Sabang Kota Sabang, PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Telkom, dan peserta lainnya.
”Selain kegiatan pameran, akan diadakan presentasi dan informasi peluang investasi dan pegelaran seni dan budaya dari Indonesia,” kata Jadi.
Menurut Jadi, pariwisata (tourism), perdagangan (trade) dan investasi (investment) merupakan tiga sektor ekonomi yang mendapat perhatian pemerintah pusat dan daerah untuk dikembangkan, agar mampu memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan baik ekonomi daerah maupun nasional.
Ketiga sektor tersebut saling memiliki keterkaitan. ”Berkembangnya sektor pariwisata, dalam arti meningkatkan kunjungan wisatawan pada suatu daerah memberikan peluang dikenalnya produk-produk unggulan daerah, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan perdagangan serta masuknya investasi.
Begitu pula sebaliknya, meningkatnya perdagangan atau investasi memberikan peluang meningkatnya sektor pariwisata,” terang Jadi.
Dalam pengembangan pariwisata, perdagangan, dan investasi, masih dia, memiliki kesamaan yakni memerlukan daya dukung dari seluruh stakeholders, baik pemerintah, masyarakat serta dunia usaha dalam dan luar negeri, yakni wisatawan, buyer dan investor.
Oleh karena itu, pemerintah daerah di Indonesia perlu mengelola, mengembangkan dan mempromosikannya secara terpadu dan tak bersifat parsial. Promosi yang terpadu dalam sebuah even selain lebih efisien dan efektif, juga dapat memberikan informasi komprehensif bagi dunia usaha yang berminat berinvestasi, berdagang dan berwisata pada suatu daerah di Indonesia.
Seiring dengan pentingnya keterpaduan promosi pariwisata, perdagangan dan investasi di daerah, untuk itu. ”Itulah beberapa poin makna penting Batam TTI Expo 2010 ini,” tegasnya. (ash)


http://batamcyberzone.com/2010/10/promosikan-produk-kreatif-dan-wisata-daerah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar