Powered By Blogger

Entri Populer

Jumat, 08 Oktober 2010

features plus sebagai nilai tambah aplikasi online store

Pada era modern seperti sekarang ini, e-Commerce bukan lagi merupakan pelengkap dari perdagangan fisik (di mana pembeli bertemu langsung dengan penjualnya), namun juga menjadi lahan perdagangan yang menguntungkan, dengan keunggulan tidak memerlukan tempat secara fisik (bangunan toko dan sebagainya) sehingga dapat menekan biaya, serta sangat mudah dibangun dengan adanya berbagai tools CMS seperti Joomla maupun wordpress. Dengan mudahnya seseorang membuat online store dalam menjalankan e-Commerce, hal ini berakibat banyaknya toko online yg ada saat ini. Tanpa adanya diferensiasi dengan toko online yang lain, tentu saja online store akan sulit bertahan melawan gempuran kompetitor. Salah satu yang dapat dikembangkan adalah fitur-fitur dari website online store itu sendiri. Memang ada beberapa faktor yg dapat membuat customer kembali lagi, seperti faktor harga yg lebih murah dari kompetitor. Namun faktor harga tersebut juga dapat disaingi dengan mudah oleh kompetitor, sehingga menurut saya, jika ingin bersaing lebih baik lagi (tanpa harus menekan harga secara jor-joran), salah satu yang dapat dikembangkan adalah fungsionalitas dari website online store tersebut. Saya membahas tema ini karena menurut saya, online Store di Indonesia masih belum dilengkapi dengan fitur-fitur yang memanjakan customernya, hanya sebagai etalase online saja.
Solusi yang ditawarkan
Berikut merupakan beberapa poin fitur yang menurut saya dapat dikembangkan untuk mendukung online store:
  1. Adanya deskhelp online
    Deskhelp online berfungsi layaknya customer service yang tentu fungsi utamanya adalah melayani pelanggan. Tentu kita harus mengetahui bahwa tidak semua pembeli online merupakan customer yang fasih dalam bertransaksi online. Sebagian besar mungkin saja merupakan calon customer yang ingin membeli untuk pertama kali. Bagi mereka yang belum berpengalaman, tentu banyak sekali pertanyaan yg mungkin akan bermunculan seiring dengan kunjungan mereka ke online store. Diharapkan dengan adanya deskhelp online ini, maka pertanyaan-pertanyaan customer tersebut dapat segera terjawab tanpa harus menunggu dalam periode waktu tertentu (jika menggunakan email misalnya). Untuk jangka waktu online dari deskhelp ini, saya rasa sebaiknya disesuaikan dengan jam-jam ramai (mungkin bisa diketahui dari statistik pengunjung dalam 1-2bulan) sehingga lebih efektif. 
  2. Fitur History Belanja
    Fitur ini cukup membantu customer jika ingin melihat kembali barang apa saja yang dia beli pada online store tersebut sebagai pengingat, bahkan bisa digunakan untuk menghindari pembelian barang-barang tertentu secara berulang. Akan lebih baik jika dilengkapi dengan tanggal transaksi serta data-data penting lainnya (seperti harga beli saat itu, jumlah total yang dibayarkan oleh customer, metode pembayaran, dll)
  3. Fitur Wish List
    Fitur ini dapat digunakan oleh customer untuk menyimpan daftar barang yang ingin dimilikinya di masa mendatang, sehingga suatu saat jika customer ingin membeli barang tersebut, customer tidak perlu lagi melakukan search ulang sehingga dapat menghemat waktu. Selain itu, dengan memanfaatkan sistem cerdas, pengelola online store dapat memberi tahu customer jika misalnya barang yang ada pada wish list mereka mendapatkan diskon atau sedang ada promo khusus sehingga customer dapat mengetahui dengan cepat apakah mereka ingin membeli sesuai dengan promo tersebut atau tidak.
  4. Fitur Tracking Delivery
    Fitur ini digunakan untuk melakukan tracking terhadap barang yang dibeli, mulai dari proses pemesanan sampai barang dikirimkan dan diterima oleh customer sesuai dengan alamat tujuan. Fitur yang memungkinkan customer mengetahui barang pesanannya sedang ada di mana ini cukup penting, terutama untuk menjaga kepercayaan customer. Dalam implementasi nya, online store dapat bekerja sama dengan pihak terkait, dalam hal ini adalah jasa delivery (jika menggunakan jasa dari perusahaan lain) untuk mengetahui lokasi dari barang saat ini. Jika pesanan diantar sendiri, maka dapat memanfaatkan fasilitas GPS. Fitur ini juga dapat diakses oleh customer tidak hanya melalui web, namun juga melalui sms sehingga lebih mudah dilihat oleh customer.
  5. Sistem Cerdas sebagai Pendukung
    Saat ini, banyak online store internasional raksasa yang menerapkan sistem cerdas di dalam webnya untuk semakin memanjakan customernya. beberapa di antaranya yang dapat dikembangkan adalah:
    - Untuk barang yang dicicil, sistem dapat memberikan berbagai kemungkinan cicilan kredit sesuai dengan input yang dapat dimasukkan oleh customer, misalnya berapa lama dia akan melunasi, besarnya alokasi dana yang dia siapkan untuk melunasi cicilan setiap bulannya, dll. Hal ini dapat mempermudah customer dalam melakukan perhitungan cicilan sehingga mereka tidak perlu repot lagi menghitung besarnya cicilan yang harus mereka siapkan.
    - Fitur Recommended Suggestion: fitur ini merupakan fitur yang akan menyediakan saran barang apa saja yang sebaiknya dibeli user terkait dengan aktivitas pembelian yang sudah/sedang mereka lakukan. Misalkan seorang customer baru saja membeli mp3 player, maka online store dapat merekomendasikan beberapa item yang biasanya juga dibeli oleh customer lain yang membeli mp3 player tersebut, misalkan casing pelindung, earphone, memory card, dan lain-lain. Untuk lebih menarik customer, semua item rekomendasi tersebut juga dapat dibundling dengan harga khusus sehingga customer dapat mempertimbangkan untuk membeli item rekomendasi. Contoh, harga mp3 player 500ribu, casing 50ribu, dan earphone 200ribu, namun jika membeli ke-3 barang tersebut secara bersamaan sesuai rekomendasi website, maka harganya hanya menjadi 650ribu saja.
    - Smart Promotion: sistem cerdas dapat memantau aktivitas user ketika mengunjungi web, sehingga promosi dapat disampaikan dengan lebih efektif sehubungan dengan aktivitas user tersebut. Sebagai contoh, pada online store yang menjual buku, customer X seringkali mengunjungi bagian Novel Fiksi. Maka promosi yang diberikan kepada customer X sebaiknya lebih banyak yang berkaitan dengan novel fiksi, dengan asumsi bahwa customer ini sangat sering melihat-lihat bagian novel fiksi. Dengan adanya Smart Promotion ini, diharapkan customer merasa terbantu dengan promotion yg berkaitan dengan kesenangannya, dan pihak seller juga dapat melakukan promosi dengan lebih efektif lagi.
  6. Fitur Web Service untuk kolaborasi dengan website lain
    Web Service merupakan suatu teknologi web yang saat ini sangat populer, di mana memungkinkan suatu website untuk berkolaborasi dengan website lain dengan adanya pertukaran data yang sudah ditentukan. Hal ini dapat kita lihat dalam online store yang seringkali menampilkan barang yang sebenarnya dijual oleh Amazon, namun ditampilkan oleh online store lainnya. Sebenarnya, online store tersebut memanfaatkan web service yang memang disediakan oleh Amazon. Secara umum, Amazon menyediakan informasi umum (seperti gambar barang, nama barang, harga, deskripsi, dan info umum lainnya) untuk dipakai oleh website lain secara gratis memanfaatkan fasilitas web service tersebut. Contoh lainnya misalkan adalah online store yang menjual tiket transportasi (seperti tiket pesawat, tiket kereta api, dll) menyediakan web service yang berkaitan dengan jurusan transportasi yang dibuka serta harga tiket yang paling baru, sehingga dapat dimanfaatkan oleh berbagai agen perjalanan yang ingin bekerja sama dan membutuhkan informasi dari online store tersebut. Alangkah baiknya jika banyak online store Indonesia yang dapat saling membantu bertukar data yang dibutuhkan dengan memanfaatkan web service ini.
  7. Fitur Feedback dan Rekomendasi
    Setiap product yang dijual dapat menerima feedback dari customer. hal ini diharapkan dapat membantu customer lainnya yang ingin mengetahui produk tersebut lebih detail lagi. Selain itu, dapat ditambahkan pula fitur pemberian rating. Hanya, untuk menjaga validitas rating, maka rating terhadap suatu produk hanya dapat diberikan oleh customer yang memang pernah membeli produk tersebut dari online store itu. Selain itu, jika suatu barang dirasa bagus oleh customer yang membeli, maka customer tersebut dapat memberikan rekomendasi kepada teman-temannya, memanfaatkan fitur no 8, yaitu integrasi dengan social community seperti Facebook dan Twitter.
  8. Integrasi dengan Website Social Community lainnya
    Saat ini, social community sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, contohnya yang paling populer adalah Facebook. Integrasi antara online store dengan social community seperti Twitter dan Facebook juga dapat menambah nilai plus. Contoh integrasi ini, misalkan ketika customer membeli suatu barang di online store, maka status facebooknya otomatis terupdate dengan kalimat seperti 'Saya baru saja membeli mp3 player di toko belionline.com'. Hal ini dapat menjadi promosi gratis bagi seller. 
  9. Kolaborasi B2B dengan penyedia jasa e-commerce lainnya
    Selain fitur-fitur di atas yang lebih banyak membahas tentang B2C, maka kolaborasi B2B antara penyedia jasa e-commerce juga layak untuk diperhatikan. Bahkan dapat mengarah kepada kebijakan strategis. Penyedia jasa e-commerce yang satu dapat melakukan outsourcing kepada penyedia jasa lainnya sehingga dapat berfokus kepada storenya sendiri. Contoh dari penerapan B2B ini adalah kolaborasi dari Dell dan Godiva, di mana Godiva merupakan website penyedia coklat untuk hadiah, dan Dell merupakan perusahaan IT. Dell menunjuk Godiva sebagai partner untuk menangani pemberian hadiah bagi karyawan yang berulang tahun, di mana Dell hanya memberikan daftar ulang tahun karyawan kepada Godiva, sedangkan Godiva yang akan mengatur bagaimana hadiah nanti akan diberikan. Hal ini dapat ditiru oleh online store sebagai bentuk CRM (Customer Relationship Management), contohnya online store A memiliki data pelanggan. Store A bekerja sama dengan online Store B (penyedia jasa hadiah) sehingga semua pelanggan yang berulang tahun akan dikirimkan hadiah oleh Store B.
Benefit yang diharapkan
Diharapkan dengan adanya berbagai fitur plus di atas, suatu online store akan menjadi tempat yang lengkap dalam melayani customernya, sehingga customer akan merasa nyaman berbelanja, dan tidak segan untuk berbelanja kembali, bahkan dapat melakukan Viral Marketing (Word of Mouth) dalam mempromosikan online store tersebut kepada teman-temannya. Jika transaksi online sudah tidak dianggap sebagai hal yang aneh lagi bagi masyarakat Indonesia, maka e-Commerce akan menjadi prospek bisnis yang sangat menguntungkan, baik dari penjual maupun dari customer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar